Rabu, 09 Desember 2020

Publikasi Digital untuk Perubahan dan Perbaikan Administrasi Sekolah

 

Publikasi Digital untuk Perubahan dan Perbaikan Administrasi Sekolah

Calon Guru Penggerak: Abd. Rahman Jamal, M.Pd.

 

A.    Latar Belakang

Kualitas pembelajaran di sekolah ditentukan oleh banyak hal, seperti kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, serta tentunya siswa. Salah satu factor yang memengaruhi pembelajaran secara tidak langsung adalah administrasi pembelajaran dan pendidikan. Faktor ini dapat memudahkan kegiatan pembelajaran di kelas maupun sistem pendidikan di sekolah. Pembelajaran akan lebih mudah jika arsip administrasi tersedia dengan cepat dan tepat. Akan tetapi pengarsipan ini sering menjadi masalah karena hanya mengandalkan pengarsipan manual yang kadang sulit untuk disusun secara sistematis dan sulit untuk beratahan lama.

Administrasi pembelajaran dapat berupa administrasi persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, hasil evaluasi pembelajaran, hingga administrasi publikasi prestasi siswa. Kegiatan pembelajaran dan prestasi siswa kadang dilupakan untuk diarsipkan. Hal ini dapat berakibat secara tidak langsung mengurangi motivasi berkarya dan motivasi berprestasi siswa. Oleh karena itu dibutuhkan sistem publikasi yang yang tidak hanya dapat diakses oleh  siswa sendiri, tetapi juga dapat diakses oleh pemangku kepentingan sekolah. Jika publikasi tersebut dapat diakses oleh semakin banyak pihak maka penghargaan, baik fisik maupun non fisik, dapat lebih luas. Hal ini akan meampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, berkarya, dan berprestasi.

Pada tahun 2018 SMPN 1 Selong memiliki majalah sekolah. Majalah ini dimaksudkan untuk publikasi kegiatan yang ada di SMPN 1 Selong. Berbagai kegiatan dan tulisan telah dimuat dalam satu edisi. Majalah masih diisi oleh guru dan beberapa siswa. Pendistribusian juga masih terbatas yaitu di sekolah dan komite sekolah.  Majalah belum bisa dibaca oleh wali murid maupun orang di luar masayaraka SMPN 1 Selong Karen aketerbatasan dana.

Berdasarkan uraian tersbut dipandang perlu membuat sebuah media baik digital atau pun non digital untuk sistem pengarsipan sekaligus publikasi kegiatan sekolah. Sehingga artikel ini berjudul,” Publikasi Digital untuk Perubahan dan Perbaikan Administrasi Sekolah.”

 

 

 

B.     Deskripsi Aksi Nyata

Berdasarkan latar belakang tersebut dapat disusun dekspsi aksi nyata sebagai berikut: Penyampaian kepada Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah tentang program aksi nyata. Langkah ini dimaksudkan untuk memudahkan akses, kemudahan kolaborasi, dan mendapatkan akses untuk dokumentasi berbagai kegiatan sekolah. Pada langkah ini saya menyampaikan rencana tersebut di ruang Bapak Kepala Sekolah. Berbagai tanggapan disampaikan oleh Bapaka Kepala Sekolah serta wakil kepala sekolah yang hadir.

Setelah mendapatkan tanggapan positif untuk kegiatan aksi nyata, maka saya memandang perlu juga untuk melakukan kolaborasi dengan Pembina ekstrakurikuler Mading (Majalah Dinding). Hal ini dibutuhkan untuk penerbitan media secara konsisten dan terarah. Sebelumnya memang majalah dinding sekolah telah dipublikasi oleh semua pihak yang adab di sekolah maupun yang berkunjung ke sekolah. Pada langkah ini saya sampaikan untuk meminta dukungan dan mengajak Pembina dan para anggota Mading untuk ikut berkontribusi di dalam publikasi karya tersebut.

C.     Hasil Aksi Nyata

Aksi nyata kedua ini dimaksudkan untuk publikasi tidak hanya di sekolah tetapi diharapka juga dapat menjangkau lingkungan sekolah. Berdasarkan tanggapan Kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah serta penanggungjawab 8 standar dihasilkan keputusan untuk memberikan dukungan dana untuk penerbitan media majalah sekolah dan website sekolah secara kontinu melalui dana BOS. Pemberian dana ini akan memudahkan pembuatan, penerbitan, dan pendistribusian media tersebut.

Akan tetaapi penerbitan kedua media belum dapat dilakukan pada semester ini karena sekolah masih mengikuti pembalajaran daring penuh.  Dana BOS masih diprioritaskan untuk melakukan pembiayaan kegiatan daring penuh atau pun semi luring.

Sedangkan website sekolah juga belum dimaksimalkan karena pergantian penanggungjawab. Penanggungjawab website sebelumnya telah mutasi ke sekolah lain, password website pun hilang dan pembayaran website telah melewi 30 hari batas pembayaran. Hal ini berdampak terhadap penerbitan website mengalami kendala yang cukup besar. Menurut host website berbayar yang digunakan oleh sekolah, website harus dikosongkan dan diisi ulang dari awal.

D.              Rencana perbaikan

Publikasi kegiatan sekolah, pembelajaran, dan publikasi prestasi siswa harustetap diupayakan walaupun terkendala masalah yang cukup besar. Setidaknya ada dua hal yang saya rencanakan untuk perbaikan program aksi nyata tersebut yaitu mendesain ulang media digital sekolah dan berkolaborasi dengan Pembina ekstrakurikuler mading untuk pengisian sementara majalah sekolah.

Media digital sekolah yang akan saya gunakan adalah blog berbayar. Media ini memiliki keunggulan kemudahan pengisian blog (karena keterabatasan waktu) dan menu-menunya sudah cukup lengkap untuk publikasi sekolah seperti gal eri foto dan video dan sebagainya. Selain itu media ini juga mudah untuk dibuat dan dikembangkan oleh siapa pun termasuk guru-guru, jika terjadi lagi mutasi. Ruang penyimpanan blog juga cukup besar sehingga dapat menampung lebih banyak  publikasi.

Sedangkan rencana perbaikan majalah sekolah, setelah dikoordinasikan dengan Pembina mading, hanya dapat dilaksanakan setelah sekolah memasuki semester genap. Keputusan ini disebabkan karena diharapkan siswa dapat aktif belajar dan dibolehkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler setelah pembelajaran aktif pada semester genap. Dengan kolaborasi yang baik dan melibatkan siswa sebagai tim redaksi majalah sekolah diharapkan majalah dinding sekolah dapat diterima dengan baik oleh berbagai pihak.

 

DOKUMENTASI

Link video testimon pembina Ekstrakurikuler Majalah Dinding (Mading) SMPN 1 Selong

https://youtu.be/EjeYw4c_ecQ

 

Caption:

Pembina Ekstrakurikuler siap membantu pelaksanaan aksi nyata dengan mengoordinir anggota Mading SMPN 1 Selong yang dibina oleh Beliau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar