Jumat, 29 September 2017

                IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit selain matematika. Fisika adalah salah satu cabang IPA yang paling sering dianggap sebagai hantu di tingkat sekolah dari tingkat SMP hingga SMA. Bahkan tidak sedikit mahasiswa fisika pun menganggap ilmu ini sulit.  Pertanyaannya adalah apakah hal tersebut benar? Ataukah ada yang salah dengan cara memelajarinya?
                Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari materi dan energy. Pengertian materi adalah sesuatu yang memiliki massa. Artinya materi ini terukur sebagai kumpulan partikel yang membentuk sebuah materi tertentu. Sebagai materi fisika dapat dipelajari secara konkret dengan menggunakan alat-alat ukur konvensional.
                Fisika sebagai mata pelajaran yang mempelajari energy, akan menjadi mata pelajaran abstrak. Berbagai konsep, teori, postulat diaplikasikan dalam bentuk lain seperti rumus, persmaan, table, atau grafik. Bentuk-bentuk lain ini dianggap mempersulit fisika karena membuat materi fisika menjadi sulit dibayangkan oleh siswa atau pun mahasiswa. Hal ini menjadi wajar jika fisika dianggap sebagai hantunya Ilmu Pengetahuan Alam.

                Ada hal yang terlupakan ketika siswa atau mahasiswa menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang sulit, yaitu aplikasi dari materi-materi abstrak tersebut. Sebagai contoh persamaan atau rumus. Rumus ini merupakan penerapan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar